Halo Para Bunda, Ayo Konsumsi Makanan Terbaik Bagi Ibu Menyusui Mulai Dari Sekarang

Halo Para Bunda yang lagi menyusui, Ayo sudah saatnya Konsumsi Makanan Terbaik Bagi Ibu Menyusui Mulai Dari Sekarang..!!

Menurut American Academy of Nutrition and Dietetics, makan diet seimbang dapat membantu untuk menghasilkan ASI berkualitas. Seorang ibu menyusui memerlukan sekitar 500 kalori lebih banyak per hari secara memadai. Dimana seorang ibu harus mengkonsumsi makanan ekstra protein dan kalsium, kaya vitamin, gizi seimbang serta ekstra cairan. Meskipun tidak ada diet khusus yang harus diikuti ibu menyusui, kegagalan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan bayi. Untuk mempromosikan kesehatan yang baik dan memuaskan selera ibu dan bayi, konsumsi makanan bergizi ini selama ibu menyusui.

Susu

Menyusui membutuhkan banyak energi dan nutrisi dari dalam tubuh. Ibu menyusui sangat berisiko mengalami dehidrasi dan penurunan energi. Saat ibu menyusui, tubuh akan melepaskan oksitosin, hormon yang membantu sekresi susu dan juga membuat ibu merasa haus. Untuk menjaga tingkat energi dan produksi susu, ibu harus tetap terhidrasi dengan baik.

Sumber cairan tambahan yang sangat baik bisa didapat dari susu. Selain sebagai sumber cairan, konsumsi susu juga untuk menjaga asupan kalsium dalam tubuh.Homeostasis kalsium secara signifikan berubah selama kehamilan dan menyusui.

Pada kehamilan 2-3% kalsium ibu ditransfer ke janin terutama pada trimester kedua dan ketiga. Selama menyusui 300-400 mg kalsium perhari ditransfer ke ASI. Asupan kalsium yang dianjurkan selama menyusui tidak berbeda dengan populasi wanita dewasa yang sehat yaitu 1,0 g/hari. Namun, wanita dengan asupan kalsium diet lebih rendah dari 300 mg/hari berisiko mengalami defisiensi. Karena permintaan kalsium tinggi selama kehamilan dan menyusui, asupan kalsium harus cukup untuk memenuhi kebutuhan harian yang dibutuhkan baik untuk ibu maupun bayi.

Minuman Non-kafein

Sumber kafein yang umum seperti kopi, teh, dan minuman ringan harus dihindari ketika menyusui. American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa kafein aman untuk ibu menyusui, karena jumlah kafein yang ditransfer ke ASI umumnya kurang dari 1% dari jumlah yang dikonsumsi oleh ibu, namun penting untuk mengkonsumsi kafein secukupnya. Wanita yang menyusui dan minum kafein lebih dari 2-3 cangkir kopi sehari dapat membuat bayi mereka rentan terhadap peningkatan iritabilitas dan sulit tidur.

Kacang polong

Ibu menyusui perlu memastikan kadar zat besinya cukup untuk menghindari anemia. WHO dan FAO merekomendasikan 10-30 mg/hari zat besi selama menyusui dan ditingkatkan ketika ibu mulai menstruasi. Biji-bijian yang kaya zat besi seperti kacang hitam dan kacang merah merupakan sumber zat besi yang sangat baik.

Selain itu, kacang-kacangan dan kacang polong mengandung bakteri dan enzim sehat yang membantu proses pencernaan. Ibu yang mengonsumsi daging juga bisa mengandalkan daging merah dan ayam untuk membangun kembali simpanan besi.

Whole-Grains

Biji-bijian utuh mengandung asam folat yaitu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan sel. Proses ini penting untuk bayi yang sedang tumbuh atau ibu yang baru pulih dari persalinan dan kehamilan. Biji-bijian utuh yang paling umum adalah Oatmeal atau whole oat, beras cokelat, beras merah,beras hitam, gandum hitam utuh, soba atau buckwheat, quinoa, sorgum dan tepung berlabel whole wheat flour. Roti gandum dan pasta yang difortifikasi juga memperkaya asupan serat dan zat besi yang sehat. Asam folat adalah nutrisi penting dalam ASI yang dibutuhkan untuk kesehatan bayi dan sangat penting untuk kesehatan ibu.

Rekomendasi WHO wanita usia subur mengonsumsi 0,4 mg folat dalam bentuk vitamin atau makanan yang difortifikasi setiap hari. Jumlah ini harus meningkat menjadi 0,6 mg/hari pada kehamilan dan 0,5 mg/hari selama menyusui.

Wanita dengan riwayat kehamilan gangguan saluran saraf (misalnya spina bifida) harus mengkonsumsi 4 m/hari asam folat tambahan (peningkatan 10 kali lipat), dimulai paling sedikit 1 bulan sebelum pembuahan.

Sayuran Hijau dan Buah

Buah dan sayuran hijau merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang sangat baik seperti vitamin A, kalsium, magnesium, vitamin C, asam folat, antioksidan, fitosterol dan zat besi. Bayam dan brokoli memiliki kadar vitamin A tinggi yang bisa bermanfaat bagi bayi, bahkan mengurangi risiko kematian.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para periset dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins menemukan bahwa satu dosis tunggal vitamin A yang diberikan kepada bayi setelah kelahiran dapat mengurangi risiko kematian sebesar 15%. Asupan buah dan sayuran hijau oleh ibu juga terkait dengan penurunan resistensi insulin pada bayi.

Jeruk merupakan buah yang sangat direkomendasikan untuk ibu menyusui. Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang juga hadir dalam ASI. Ibu menyusui yang mengonsumsi vitamin C dari makanan umumnya aman dan tidak memerlukan suplemen tambahan. Vitamin C juga berfungsi sebagai imunitas tubuh. Bayi akan mendapatkan vitamin C bersamaan dengan imunitas dari ASI yang diberikan ibu.

Salmon atau sarden

Makanan kaya DHA (docosahexaenoic acid) dianggap sebagai gizi sehat untuk diet apapun karena mengandung omega-3. Salmon atau sarden dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak bayi. Salmon dan sarden juga baik karena mengandung vitamin D.

Salmon dianggap ikan rendah merkuri, Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan agar wanita hamil makan tidak lebih dari 12 ons, setara dengan dua porsi seminggu. Ibu juga harus menghindari konsumsi ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti hiu, tilefish, ikan todak, tenggiri dan tuna putih selama menyusui.

Ibu menyusui penting untuk mengkonsumsi makanan sehat. Hal itu dikarenakan makanan sehat membuat ASI menjadi berkualitas dan melimpah. ASI yang berkualitas akan membuat bayi menjadi sehat dan bergizi. Oleh karena itu penting bagi ibu untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi selama menyusui.

So, tetap semangat ya bun untuk mengkonsumsi Makanan Terbaik saat Bunda lagi menyusui..

semoga bermanfaat.

Sumber: doc_quity

One thought on “Halo Para Bunda, Ayo Konsumsi Makanan Terbaik Bagi Ibu Menyusui Mulai Dari Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *